Rabu, 12 Juni 2013

Kambing Aqiqah

Kambing Aqiqah
Kambing Aqiqah. Sebelum melaksanakan aqiqah untuk anak anda, sangat penting untuk mengetahui syarat dan ketentuan kambing/domba yang dapat disembelih untuk aqiqah. Aqiqah anak adalah ibadah, sehingga hendaknya kita melakukan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan tuntunan syariah dalam melaksanakannya.
Ada beberapa panduan untuk dapat memilih kambing Aqiqah dan juga ada ketentuan waktu nya yang dapat anda pakai. yang paling utama adalah panduan dari Rasulullah SAW. :
Dari Jabir Radhiyallahu ta`ala ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali kalau sulit bagi kalian. Apabila sulit bagi kalian maka sembelihlah jada-a dari domba.” 

“Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3. pincang dan 4. kurus yang tidak berlemak lagi “ (HR Bukhari dan Muslim).
1. Cukup Umur

Yang dimaksud cukup umur adalah minimal enam bulan dan sebaiknya sudah melewati satu tahun. Ini adalah berdasarkan sabda Rasul dan pendapat jumhur ulama.

2. Hewan Sehat dan tidak pincang

Periksa mulai dari mata, apakah buta kedua matanya atau buta sebelah, lalu ekornya apakah sudah terpotong erkonya atau telinga. Kemudian anda juga harus memperhatikan dari sisi fisik kambing, apakah sedang sakit atau tidak. Bila ingin menggunakan jasa aqiqah, sebaiknya anda menggunakan jasa aqiqah yang benar-benar berdedikasi dan bukan amatiran. Banyak yang menawarkan aqiqah murah namun harus teliti sebelum membeli.

3. Tidak Cacat

Sebetulnya bukan cacat yang tidak diperbolehkan, tetapi jika tanduk patah, gigi lepas dalam masa pergantian serta bulu rontok, sakit ringan dan perhatikan beberapa penyakit atau tanya yang tidak membahayakan kehidupan kambing.

Semoga tulisan tentang Syarat memilih Kambing Aqiqah dapat membantu Anda dalam melakaksanakan Aqiqah untuk anak anda.
Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Kambing Aqiqah"

Posting Komentar

 
 
All Right Reserved - Kambing Aqiqah
Powered By Blogger.com